Jumat, 11 Januari 2013

NEGOSIASI



Pendahuluan

Sebelum mengetahui mantra-mantra dalam bernegosiasi, tidak ada salahnya jika kita belajar terlebih dahulu tentang "kulit" dari negosiasi itu sendiri seperti ;

Apa itu negosiasi? siapa saja yang boleh bernegosiasi? Kapan harus bernegosiasi? bagaimana cara bernegosiasi? Dimana tempat yang baik bernegosiasi? Untuk apa sih negosiasi itu?

Negosiasi adalah proses tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok atau personal) dengan pihak (kelompok atau personal) yg lain; 

Setiap negosiasi memiliki tujuan spesifik dan berbeda, namun memiliki tujuan negosiasi adalah tahap awal yang penting karena tujuan negosiasi merupakan tolak ukur dari berhasil atau tidaknya proses negosiasi yang dilakukan.

Negosiasi dapat dilakukan kapan dan dimana saja, bahkan anda mungkin tidak menyadarinya jika anda telah melakukan negosiasi. Di Jalan, pasar, sekolah, dan tentu saja di ruang meeting sebuah perusahaan suatu negosiasi dapat terjadi, namun negosiasi yang baik dapat dilakukan ketika waktu dan tempat negosiasi bukan berada di zona aman pihak lawan seperti ruang meeting perusahaan lawan pada waktu yang sedikit disela-sela sibuknya pekerjaan seseorang.

Sedangkan cara bernegosiasi dapat dilakukan dengan mencapai tujuan  dan membuat lawan "merasa" mencapai tujuannya.


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites