Minggu, 26 Agustus 2012

Kiat membeli Property




Di Indonesia, Property merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, selain untuk tempat tinggal kebanyakan  pembeli property membeli untuk usaha atau investasi. Bahkan menurut penyelenggara Property Fair mengatakan jika kebutuhan akan property dewasa ini  belum dapat memenuhi kebutuhan pembeli, oleh karenanya menjamurnya pengusaha/perusahaan property tidak terelakkan lagi.  Disisi lain sebagai seorang pembeli bijak kiranya jika mengetahui bagaimana kiat-kiat membeli property dari pengusaha / perusahaan yang kredibel.

BAHAN PERTIMBANGAN MEMBELI PROPERTY

1. HARGA

Carilah informasi mengenai harga pasaran Property yang dijadikan target melalui surat kabar, internet, majalah maupun datang ke agen property. Semakin banyak informasi yang anda dapatkan, semakin baik keputusan yang anda tetapkan.

2. LOKASI

Lokasi merupakan salah satu pertimbangan yang cukup penting bagi pembeli sesuai dengan tujuannya membeli property, pilihlah lokasi yang terjangkau dengan sarana transportasi, lingkungan yang aman dan dekat dengan fasilitas umum seperti supermarket, rumah sakit, pasar tradisional, tempat beribadah dll.

3 KUALITAS BANGUNAN DAN TATA LETAK BANGUNAN

Bahan-bahan bangunan, umur bangunan, desain dan tata letak bangunan perlu di pertimbangkan ketika hendak membeli property, contohnya sebuah property di tepi pantai boleh jadi suatu saat dapat tergerus oleh laut sehingga cenderung merugikan anda.

4 SARANA DAN PRASARANA

Tidak ada salahnya untuk mengecek fasilitas seperti jaringan listrik, air, telepon dan pembungan limbah dari property yang akan anda beli.

5 VESTED INTERESTNYA

Prospek dari property yang akan anda beli sedikit banyak terpengaruh dari rencana kota dari pemerintah setempat, apabila rencana kotanya itu baik otomatis akan meningkatkan harga dari property yang akan anda beli tersebut

6. KUALITAS DEVELOPER &  SDM-nya

Istilah dont just buy a book from the cover pasti telah anda sering dengar, ketika anda berminat terhadap suatu property dari pengembang (developer), bijak jika anda tidak hanya melihat fisik dari bangunan tersebut namun juga melihat pelayanan yang diberikan SDM (Sumber Daya Manusia) perusahaan developer tersebut, hal ini berkaitan dengan After sales yang akan anda terima jangan sampai ketika anda telat bayar angsuran karena hal yang tidak disengaja, anda akan mendapat surat cinta (Somasi) dari pihak developer atau bisa juga ketika suatu saat pihak developer membuat peraturan sepihak yang tidak anda setujui dimana hal tersebut telah anda tandatangani dalam PPJB.


0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites